Pelaksanaan Kegiatan 2: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Kristen



Selasa, 16 Oktober 2018
Berkunjung ke GBI Betlehem Taman Kencana, Jakarta Barat.


Pada hari Selasa, 16 Oktober 2018, kelompok kami melanjutkan pelaksanaan kegiatan kedua untuk project Character Building: Agama. Pada pertemuan kedua ini kami, melakukan wawancara  dengan  salah satu pemuka agama yaitu agama Kristen. Kami melakukan wawancara dengan salah satu Pendeta bernama Pdm. Abednego Napitupulu di GBI Betlehem Taman Kencana, Jakarta Barat. Wawancara ini dilakukan oleh perwakilan kelompok kami yaitu Archel Milka dan Theresa Gunawan. Kami mengambil tema Toleransi Agama dalam wawancara. Adapun pertanyaan yang dilontarkan,

1. “Bagaimana menurut Bapak/ Ibu mengenai toleransi agama? Dan dasar dari penjelasan Bapak/Ibu dikutip dari mana, bagaimana hal ini diajarkan dalam agama ini?”.
2. “Bagaimana Bapak/Ibu menanggapi isu intoleransi agama yang terjadi saat ini?”


Dari secara keseluruhan wawancara berlangsung, inti dari jawaban beliau adalah toleransi agama adalah wajib bagi umat beragama sebagaimana seperti di dalam Alkitab , yang telah mengajarkan Kasih. Dengan firman Tuhan di dalam kitab Matius 22 : 37-39 yang berbunyi Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu  , dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia  seperti dirimu sendiri."  Toleransi agama menjadi muatan dalam kasih itu sendiri. Dalam menanggapi isu intoleransi kita juga harus belajar dari Pancasila yang mana mempersatukan kita walaupun berbeda agama, suku, dan ras.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelaksanaan Kegiatan 5: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Buddha

Proposal Kegiatan Character Building Agama