Pelaksanaan Kegiatan 3: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Katolik

Minggu, 24 November 2018
Berkunjung ke Gereja Katolik Santa Maria Imakulata


Pertemuan kedua project Character Building agama dilaksanakan pada tanggal 24 November 2018. Di pertemuan kedua kali ini kami melakukan wawancara dengan salah satu pemuka agama yaitu agama Katolik. Kami melakukan wawancara dengan salah satu Romo bernama Antonius Andri Atmaka Omi, yang berjabat sebagai Pastor Paroki  di gereja katolik Santa Maria Imakulata. Pertanyaan wawancara yang dilontarkan sama seperti pertanyaan wawancara sebelumnya. Dalam melakukan wawancara ini, kami menunggu sekitar 2 jam setengah untuk mewawancarai Romo tersebut dikarenakan Romo sedang mengadakan meeting Pastur se-Jakarta Barat.


Dari secara keseluruhan wawancara berlangsung, inti dari jawaban Romo tersebut adalah toleransi agama merupakan sikap penerimaan umat beragama terhadap agama lain yang berbeda dengan agamanya, bagaimana secara kenyataan Indonesia merdeka dengan memiliki beberapa agama yang dianut oleh masyarakat. Setiap kelompok agama ikut ambil bagian dalam pembentukan negara , oleh karena itu toleransi sangat ditekankan. Hidup bersama tanpa saling menganggu, sehingga tercipta kerja sama dan bisa dikatakan dapat saling memperkaya agama yang satu dengan yang lain.

Gereja katolik sangat mengaris bawahi sejak Konsili Vatikan kedua sekitar tahun 1960-1965 dalam dokumen konsili yang berisikan bahwa agama-agama yang ada di dunia ini dengan caranya sendiri memperkenalkan kehadiran Allah dan membawa orang kepada keselamatan. Yang maksudkan disini adalah agama itu seimbang, orang tidak bisa mengatakan bahwa agama yang satu itu lebih unggul atau lebih jelek, oleh karena itu muncullah toleransi agama. Isu intoleransi yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan karena melahirkan sikap fanatisme yang berujung pada perpecahan agama. Dalam menanggapi hal ini pemerintah harus membuat peraturan supaya kelompok radikal tidak merugikan bangsa. Perbedaan iman itu tidak bisa dipaksakan, kita sebagai manusia memiliki hak untuk memeluk agama masing-masing.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelaksanaan Kegiatan 5: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Buddha

Proposal Kegiatan Character Building Agama

Pelaksanaan Kegiatan 2: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Kristen