Refleksi Diri

1.     Addira Defaldi
Menurut saya dengan adanya mata kuliah character building agama akan membangun sifat-sifat toleransi dalam beragama maupun di kehidupan itu sendiri, mata kuliah ini juga membantu kita para mahasiswa untuk mengenal lebih dalam agama lain yang tidak kita ketahui dan dengan melakukan kegiatan wawancara dengan beberapa tokoh agama di indonesia terutama di jakarta, kita tahu bahwa toleransi beragama sangat penting untuk terjadinya berkelangsungan hidup di masyarakat, dan juga dapat mengajarkan kita bahwa masyarakat indonesia harus memiliki pikiran terbuka jika ingin hidup rukun satu sama lain.

2.     Archel Milka
Dengan adanya Character Building Agama ini saya menjadi lebih mengerti bahwa perbedaan agama adalah suatu hal yang indah, bagaimana kita bisa bertoleransi dengan umat agama lain dengan dengan baik, bukan hanya itu saja, tapi juga mengajarkan cara mengasihi sesama sehingga bisa mencapai perdamaian bersama.

3.     Eric Junnardo
Dengan adanya mata kuliah Character Building Agama, membuat saya lebih tahu tentang agama. Setiap agama memiliki cara berdoa, tempat ibadah dan Tuhan yang berbeda-beda. Mata kuliah ini juga membangun rasa toleransi saya terhadap agama lain.

4.     Jassinda Almira
Menurut saya dengan adanya mata kuliah Character Building: Agama ini sangat membantu mahasiswa-mahasiswi BINUS untuk memperbaiki kepribadian menjadi lebih baik lagi. Agama adalah the way of life yang menjadi tuntunan manusia dalam menjalani kehidupan. Tanpa adanya agama yang berteguh di hati kita, mungkin hidup kita akan berjalan tanpa ada tujuan. Dan melalui kegiatan wawancara beberapa tokoh pemuka agama semakin membuat pemikiran saya terbuka, bahwa tidak perlu adanya perdebatan yang terjadi antar umat bergama untuk membuktikan mana yang benar dan mana yang salah, karena tentunya semua agama mengajarkan hal yang sama, yaitu kebaikan. Sehingga, perdamaian dalam pluralitas agama ini hanya dapat dicapai jika kita semua bersikap lapang dada satu sama lain, mengutamakan toleransi untuk menyingkirkan kebencian dalam diri kita.

5.     Maulidya Mutiara
Pelajaran Character Building Agama ini merupakan salah satu pelajaran yang penting yang belum tentu kita dapatkan jika kita belajar di universitas lain. Salah satu pelajaran yang mengajarkan perbedaan kepercayaan tetapi tetap mempersatukan. Dengan adanya tugas wawancara ke berbagai tempat ibadah lima agama di Indonesia, saya semakin yakin bahwa toleransi itu harga mati, tidak dapat diganggu dan tidak dapat ditawar, yang mana harus kita jaga demi keutuhan NKRI. Indonesia merupakan negara yang utuh, hanya saja saat ini kita sedang diuji untuk tetap bersatu dengan adanya masalah yang diciptakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab yang ingin memecah integrasi kita. Saya sangat yakin bahwa kita bisa bersatu lagi dan hidup rukun berdampingan satu sama lain.

6.     Natanael Berniko A.
Saya harus menghargai setiap aliran atau ajaran dari tiap Agama yang ada dan tidak boleh membeda - bedakan sesuai dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

7.     Theresa
  Dengan adanya program mata kuliah character building agama, saya menjadi lebih tahu tentang agama, dan bagaimana kita bertoleransi antar umat beragama. Sekarang ini kita hidup di dunia yang memiliki banyak perbedaan, mulai dari perbedaan fisik sampai kepercayaan. Setiap perbedaan kepercayan atau agama di dunia pastinya mengajarkan kebaikan kepada umatnya. Kita sebagai umat beragama harus tahu bagaimana bertoleransi antar umat beragama dengan benar. Bertoleransi agama adalah hal yang bisa kita lakukan setiap harinya bisa mulai dari hal kecil sampai besar. Toleransi akan berdampak pada perilaku setiap orang atau umat beragama. Jika setiap orang berbuat baik terhadap umat beragama, kita pasti bisa mencapai perdamaian sejati di dunia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelaksanaan Kegiatan 5: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Buddha

Proposal Kegiatan Character Building Agama

Pelaksanaan Kegiatan 2: Wawancara Tokoh Pemuka Agama Kristen